OPTIMUS PRIME: OPTIMALISASI PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA MELALUI WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN BERBASIS LUARAN PKL
DOI:
https://doi.org/10.36595/kv5y9m32Keywords:
workshop, penulisan artikel ilmiah, publikasi, PKL, mahasiswaAbstract
Workshop penulisan artikel ilmiah merupakan strategi penting dalam meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa, khususnya dalam mengonversi laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) menjadi artikel yang sesuai standar publikasi jurnal. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah yang terstruktur, orisinal, dan sesuai etika publikasi. Tujuan kegiatan ini adalah membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis sekaligus membangun budaya publikasi di lingkungan perguruan tinggi. Metode pelaksanaan dilakukan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Peserta workshop berjumlah 13 mahasiswa STMIK Lombok yang sedang menyusun laporan PKL semester ganjil tahun akademik 2025/2026. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest serta observasi langsung selama praktik penulisan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan peserta, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 60 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 80. Selain itu, dokumentasi kegiatan memperlihatkan antusiasme mahasiswa dalam mengikuti seluruh rangkaian workshop, terutama saat praktik konversi laporan PKL ke artikel. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan teknis sekaligus motivasi mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah yang siap dipublikasikan. Kesimpulannya, workshop penulisan artikel ilmiah berbasis luaran PKL dapat menjadi model pengabdian yang relevan untuk memperkuat budaya publikasi di perguruan tinggi.










