PELATIHAN MICROSOFT WORD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL SISWA MA DARUL KAMILIN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.36595/9366z742Keywords:
Pelatihan, Microsoft Word, Literasi Digital, Siswa, Lombok TengahAbstract
Pelatihan Microsoft Word sebagai upaya peningkatan literasi digital siswa dilaksanakan di MA Darul Kamilin, Desa Bakan, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 7–9 Agustus 2025. Kegiatan ini diikuti oleh 11 siswa dari kelas X, XI, dan XII yang memiliki kemampuan dasar komputer yang masih terbatas. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan dasar dalam menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk mendukung aktivitas akademik siswa. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pra-pelatihan melalui pretest, penyampaian materi, praktik langsung, serta evaluasi menggunakan posttest. Selama kegiatan, peserta mendapatkan bimbingan langsung dalam mengetik, mengatur format teks, membuat tabel, serta menyisipkan gambar. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan yang signifikan, di mana nilai rata-rata pretest sebesar 32,73 meningkat menjadi 80,91 pada posttest dengan capaian rata-rata 72%. Hasil tersebut membuktikan bahwa pelatihan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam mengoperasikan Microsoft Word dan memanfaatkan teknologi digital dalam kegiatan belajar. Selain peningkatan keterampilan teknis, pelatihan ini juga mendorong motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan komputer secara mandiri. Dengan demikian, pelatihan Microsoft Word dapat direkomendasikan sebagai salah satu program berkelanjutan yang efektif dalam meningkatkan literasi digital di lingkungan sekolah, khususnya bagi lembaga pendidikan berbasis madrasah yang masih menghadapi keterbatasan dalam pemanfaatan teknologi informasi.










