PELATIHAN KOMPUTER DASAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMK AL-KARIMAH
DOI:
https://doi.org/10.36595/r9znzk72Keywords:
Komputer Dasar, Literasi Digital, Pelatihan, Pre-test, Post-testAbstract
Pelatihan komputer dasar dilakukan untuk meningkatkan literasi digital siswa SMK Al-Karimah yang masih mengalami kesulitan dalam mengoperasikan komputer secara mandiri, terutama dalam penggunaan sistem operasi, pengelolaan file, serta pemahaman perangkat keras dan perangkat lunak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengoperasikan komputer secara efektif guna mendukung pembelajaran dan kesiapan menghadapi dunia kerja. Pelatihan dilaksanakan menggunakan pendekatan praktik langsung (hands-on learning) yang terdiri dari observasi awal, penyusunan modul pelatihan, pelaksanaan pelatihan selama empat pertemuan, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test menggunakan soal pilihan ganda serta skala penilaian kemampuan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan pada aspek kognitif, di mana rata-rata nilai siswa meningkat dari 3,8 pada pre-test menjadi 9,93 pada post-test. Pada aspek keterampilan operasional, rata-rata skor skala kemampuan meningkat dari 2,83 menjadi 4,20, menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam mengelola komputer secara mandiri. Dengan demikian, pelatihan komputer dasar terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan komputer siswa SMK Al-Karimah serta mendukung kesiapan mereka dalam pembelajaran berbasis teknologi dan dunia kerja.










